[Tutorial] Cara Intstall XAMPP di Windows 10



XAMPP? beberapa orang mungkin akan tau apa itu XAMPP, bagi yang belum tau XAMPP adalah software free, open-source, dan cross-platform alias mendukung banyak sistem operasi. Software ini berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang berisi beberapa program yaitu Apache HTTP Server, MySQL, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan PERL. Didalamnya terdapat phpMyAdmin yang merupakan sebuah software yang ditulis dalam bahasa PHP untuk menangani administrasi MySQL dan dapat diakses melalui web browser. Dengan adanya phpMyAdmin maka seseorang tidak lagi harus menghapal baris sintaks SQL ketika ingin menambahkan, mengedit, atau menghapus data didalam database.
Setelah mengetahui apa itu XAMPP dan juga fungsinya, ayo kita coba untuk bagaimana sih cara menginsatll XAMPP? terutama di Windows 10 yang tentunya saat ini banyak dipakai. Cara menginstallnya terbilang mudah dikarenakan sudah dibuatkan Install Wizard untuk tahapan install nya, untuk lebih mudahnya ikuti langkah dibawah ini.
  • Download XAMPP versi terbaru DISINI (jika ada), atau untuk mempermudah mengikuti tutorial dan menyamakan versi daru tutorial maka DOWNLOAD DISINI. Versi yang digunakan dalam tutorial kali ini adalah versi 5.6.33.0 VC 11.

Download XAMPP, ketika halam terbuka akan otomatis terdownload!

  • Buka (Klik dua kali) XAMPP software yang sudah di download, apabila muncul popup window Warning seperti ini, klik OK saja. Warning ini muncul karena UAC (User Account Control) pada windows yang digunakan dalam status AKTIF yang menyebabkan harus izin pada Administrator untuk merubah file system pada direktori yang disebutkan pada Warning Window.

    Warning Popup Window
  • Selanjutnya akan muncul Windows Setup Wizard dari XAMPP, klik next untuk melanjutkan.
  • Pada pilihan yang tampil, pilih Component yang akan diinstal. Disini akan diinstal semua agar pemakaian di kemudian hari tidak harus install lagi. Klik next untuk melanjutkan.
  • Installation folder, kita diberi hak untuk memilih direktori dimana XAMPP ini akan diinstal. Secara default XAMPP akan terinstall di folder "C:\xampp", Next saja.
  • Apabila ingin mengetahui lebih tentang BITNAMI untuk XAMPP, biarkan centang. Hilangkan centang apabila langsung lanjut menginstall.
  • Tunggu proses install, akan tampil window dengan Progress Bar. Disitu bisa dipantau progres yang sedang dilakukan yaitu dimulai dengan Unpacking Files. Tunggu sampai proses selesai.
  • Saat sudah selesai, akan tampil windows Completing the XAMPP setup wizard, centang saja untuk langsung membuka Control Panel dari XAMPP, lalu klik FINISH.
  • Pilih bahasa dengan gambar bendera, langsung saja klik Save untuk menggunakan bahasa default yaitu English.
  • Selanjutnya akan tampil XAMPP Control Panel, disana akan tampil beberapa Service Modul yang dapat di start, diantaranya ada Apache, MySQL, FileZilla, Mercury, dan Tomcat.
  • Coba dengan mengklik Start pada module Apache dan MySQL. Pastikan tidak ada error untuk kedua module tersebut.
  • Untuk Cek apakah sudah berhasil dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka Web Browser apa saja (Disini Google Chrome), dan ketikan pada url "localhost/phpmyadmin" tanpa tanda kutip. Pastikan halaman yang muncul sudah sama, dengan ini berarti kalian sudah sukses menginstall XAMPP pada windows kalian yang selanjutnya dapat digunakan untuk kepentingan menginstall layanan web application lainnya.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar menggunakan kata-kata yang sopan :)