[Read] Materi Struktur Komputer - Memory, CPU, BUS

A.      MEMORI
a.       RAM (Random Access Memory) 
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:  
                                                               i.      Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.  
                                                             ii.      Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.  
                                                            iii.      Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.  
                                                           iv.      Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. 


b.      ROM (Read Only Memory)
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untukkeperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa  cold booting atau  warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu:
                                                               i.      PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
                                                             ii.      EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
                                                            iii.      EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory),  dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

B.      CPU (Central Processing Unit) 
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolahdata, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.  CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika danlogika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. 
a.       ALU (Arithmatic and Logic Unit) 
·         Tugas utama dari ALU adalah Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. 
·         Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.   





b.      Register 
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam  memori utama.

C.      BUS
a.       Data Bus 
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 

b.      Address Bus 
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel. 

c.        Control Bus 
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.



*Struktur Computer*Struktur komputer* Pengertian memory*fungsi memory* pengertian CPU*fungsi CPU* Pengertian BUS*fungsi BUS*

3 Komentar

Terima kasih, dapet soal kaya gini :D

Reply
Anonim Author

dapet soal yang sama, kayanya satu sekolah dulu nih wkwk

Reply

Posting Komentar

Silahkan berkomentar menggunakan kata-kata yang sopan :)