[Tutorial] Cara Update BIOS dan Flash BIOS

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

1.    Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2.    Memuat dan menjalankan sistem operasi
3.    Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4.    Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS. Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).  sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/BIOS

Ya, diatas adalah apa yang bakal kalian temuin kalo lagi search pengertian BIOS dan kalian bukanya link Wikipedia :D itu cuma pengertian awal dari apa yang mau bahas disini.

Sebelumnya, kenapa gua mau nulis tentang ini? jawabannya adalah karena gua baru aja ngalamin namanya GAGAL update BIOS -_-", Gausah dibayangin kaya apa lagi deh paniknya, langsung aja baca di sini. Ya, disitu ada yang tertulis "bisa di loakin MoBo nya" -_-". skip.

Nah, selanjutnya cara Update BIOS. Yang gua gagal update BIOS itu pake laptop gua sendiri, laptop Asus X42F (jadul ini -_-). Di Asus ini udah ada aplikasi instannya buat update BIOS, kenapa gua bisa gagal? itu gua bahas terakhir aja :p . 

Di Motherboard new 4th-generation Intel Core Processor ASUS, dia udah bisa update denganmudah dengan cara disini. Cara ngecek yang support atau engga pake software itu juga bisa liat di link tadi.

Nah, di ASUS X42F gua ini, gua pertama kali update pake "Windows BIOS Flash Utility" yang resmi dari sana nya.
Mohon maaf, tutorialnya diambil dari sumber ini ( urutannya sama kok :) ).
ini uraian penginstalannya :
  1.  Buka website ASUS Support di sini.
  2. Isi model laptopnya (misalnya EEE PC 1025C), lalu klik tombol Search.
  3. Klik link model laptop yang sesuai.
  4. Pilih sistem operasi (OS) yang sesuai.
  5. Pada menu BIOS, download file BIOS yang terbaru. Biasanya paling atas.
  6. Pada menu BIOS-Utilities, download ASUS Update Install Program.
  7. Install ASUS Update Install Programnya.
  8. Jika sudah terinstall dengan baik, buka programnya. Kalau di saya (Windows 7), lokasinya di All Programs > ASUS > ASUSUpdate for Eee PC > ASUSUpdate.
  9. Ekstrak file yang telah didownload di langkah ke-5. Seharusnya sih di dalemnya ada file berekstensi *.ROM, kalau file yang saya download isinya adalah 1025C-ASUS-1105.ROM.
  10. Kembali ke program ASUS Update, pilih Update BIOS from file. 
ASUS Update Install Program 1
11. Klik Next. Lalu pilih file *.ROM yang telah diekstrak di langkah ke-9.
ASUS Update Install Program 2
12. KLIK Flash.
ASUS Update Install Program 3
13. Tunggu sampai selesai lalu Restart.

Disini biasanya kalo udah sukses, Dia bakal Restart laptopnya, dan silahkan cek BIOS laptopnya, pasti udah update versionnya :)

Sekian tutorial update biosnya melalui software update asus flash, abis ini bakal gua bahas dimana gua gagal dan gimana cara ngatasinnya -_- :p.

Gua update BIOS pake cara yang diatas, sama persis dan sama banget, bedanya gua ga Sukses -_-, gua naro file *.ROM nya itu di flashdisk yang udah abal banget -_-, dan pas lagi ngeflash itu tiba-tiba flashdisknya gamasuk, gua langsung guling-guling di tempat pkl panik. Disini gua ingetin, kalo misalkan prosesnya gagal, jangan kalian restart dulu laptopnya, kalian harus flash ulang lagi sampe berhasil. Disini juga letak kesalahan gua, udah tau gua gagal update, gua malah restart laptopnya -_-. skip

Boro boro nyala laptopnya -_- cuma muncul tulisan Asus (inspiring blablabla), dan langsung mati lagi, dan terus berulang ulang (loop) kaya gitu. Setelah gua searching searching, akhirnya nemu dan dapet hidayah kalo masih nyampe tulisan asus itu, masih bisa flash biosnya. Disitu tertulis caranya pake flashdisk, akhirnya gua nekat aja. gua download semua version dari BIOS yang ada di web ASUS (yang untuk tipe X42F tapinya), dan gua kumpulin jadi satu di flashdisk. skip ke caranya aja ya.

satu lagi jangan update BIOS kalo ga penting penting banget, kecuali ada himbauan dari vendor merk nya buat update BIOS nya.

Caranya ternyata lebih gampang menurut gua, nih langkahnya :
  1. Pertama, pasitnya download dulu BIOS nya dari web resmi nya (kalo gua kan ASUS).(langkah ini gua lakuin pake laptop temen yang bisa nyala, kan laptop gua gabisa nyala -_-)
  2. Format UFD (Usb FlashDisk) dengan FAT files ystem.(inget ya FAT)
  3. Terus, masukin file nya ke dalem flashdisk, gausah didalem folder. (kalo file nya *.rar, extrak dulu ya)
  4. Abis itu, kalian putusin laptop kalian dari sambungan listrik (batre juga copot).
  5. Selanjutnya kalian teken powernya kira kira 15detik, ini buat mastiin kalo laptopnya bener bener mati dan ga ada sumber power yang tersisa :p.
  6. Colokin flashdisknya di bolongan tempat usb nya, abis itu baru pasang lagi batrenya (kalo takut batrenya abis, bisa sambil colokin casannya).
  7. Abis itu teken dan tahan tombol CTRL+HOME ( di tahan ya ), terus baru pencet power (tombol CTRL+HOME jangan dilepas sampe masuk tampilan flash).
  8. Kalo udah masuk kedalem tampilan Flashnya (biasanya biru biru gitu :D), lepas tombol CTRL+HOME nya, abis itu saksikan deh adegan Flash BIOS nya, prosesnya ga lama kok, dan pastiin lagi kalo yang kalian gunain bukanlah flahsdisk abal yang kalo di senggol langsung ga konek -_-.
  9. Abis itu biasanya dia Restart, tapi disini jangan biarin tuh laptop Restart, pas lagi restart langsung pencet esc (ASUS), buat masuk ke BIOS.
  10. Di BIOS ini, di pilihan harrdrive nya biasanya masih di pilihan AHCI, ganti ke pilihan IDE ya , abis itu baru save change and exit~
Abis proses yang panjang itu, laptop Asus X45F gua bisa bangkit :p wkwk. Udah dulu ya, soalnya gua lagi Prakerin udah cape, next time gua sharing lagi.. Kalo ada pertanyaan, tanyain aja dikomentar, makasih :)

Ini video pas lagi ngeflashnya Video nya, sumber dari SUMBERRR

Posting Komentar

Silahkan berkomentar menggunakan kata-kata yang sopan :)